Top Ad unit 728 × 90

random

Berbagi Lagu Anak melalui Blog

Aku suka blogging. Aku punya beberapa blog yang memfasilitasi aneka kesukaanku. Ada blog pribadi tempat curhat & menyimpan kisah perjalanan ketiga anakku yang homeschooling, ada blog tempatku menyimpan koleksi digital scrapbooking, sempat juga aku ngeblog untuk memajang karya disain baju avatarku yang lumayan laku lhoo di dunia virtual. Tapi dari semuanya, aku ingin berbagi kisah tentang blog tempatku berbagi lagu-lagu anak ciptaanku.

Awalnya sederhana, aku suka bernyanyi dan sejak kecil sering menggunakan lagu untuk mempelajari banyak hal. Ketika aku punya anak, aku pun mulai memperkenalkan mereka dengan lagu sejak mereka kecil. Aku percaya kekuatan nada itu luar biasa. Sejak masih dalam kandungan, anak sudah bisa merespon jika kita bersenandung dan doa-doa indah pun bisa mengalir dalam bentuk alunan nada sambil menimang mereka ketika masih dalam buaian.

Image by HotWallpaper
Melalui lagu anak yang aku ciptakan, aku bisa mengajarkan banyak hal kepada anak-anakku, dari mulai mengajak mandi, belajar membaca, mengenal angka, warna, jenis sayuran, buah, sikat gigi, aneka suku di Indonesia hingga arah mata angin. Awalnya seluruh lagu aku buat untuk kepentingan pribadi, kemudian satu persatu sahabatku yang sering bermain ke rumah memintaku untuk merekam dan membaginya karena mereka juga ingin mengajarkan lagu anak tersebut kepada anak-anak mereka.

Aku pun lalu mengunggah lagu-lagu itu di situs pribadiku. Ternyata respon teman-teman luar biasa, situs RumahInspirasi beberapa kali down, sampai akhirnya betul-betul nggak bisa bangun lagi sampai beberapa hari karena dipadati pengunjung. Aku dan suami pun akhirnya sepakat untuk memisahkan blog pribadi dengan blog musik. Proses pun bergulir, hingga akhirnya terbentuklah situs Pelangi Nada ini sebagai tempatku berbagi lewat nada.

Lagu-lagu yang aku buat adalah ibarat kue buatan rumah (home made) yang sederhana, tapi dibuat sepenuh hati untuk disajikan kepada orang-orang yang dicintai. Nah, “kue” buatanku inilah yang aku unggah di Pelangi Nada sehingga bisa dinikmati oleh siapapun yang ingin ikut mencicipinya. Itulah sebabnya, sebagian besar lagu yang ada di dalam situs ini hanya diiringi oleh alunan piano. Aku tak mungkin membuat aransemen lengkap lagu-lagu yang aku buat. Bisa-bisa anak-anakku tidak makan kalau setiap lagu harus aku aransemen komplit, maklum… aku tidak punya asisten dan ketiga anakku semuanya belajar di rumah. Kebayang dong sisa waktu yang aku miliki tentu tidak terlalu banyak.

Niat yang sederhana ini ternyata berbuah sangat manis. Aku tak menyangka akan mendapatkan respon yang sangat banyak dari beragam kalangan. Beragam media massa mulai meliput lagu anak Pelangi Nada. Ada film yang memakai beberapa lagu Pelangi Nada untuk soundtrack mereka dan ada CP yang mencoba memasukkan potongan lagu anak karyaku menjadi RBT sebuah telco. Dan yang paling membahagiakan tentu saja adalah testimoni & surat-surat dari sahabat Pelangi Nada yang menceritakan pengalaman mereka memakai lagu anak dari Pelangi Nada. Senaaaang sekali kalau anak-anak suka lagunya!

Berkhayalnya, pada suatu hari akan ada arranger keren yang mau mengaransemen semua lagu-laguku sehingga bisa terdengar berkali lipat lebih indah dari aslinya. Untuk sementara waktu, silakan menikmati koleksi lagu yang ada, semoga anak-anak suka & bisa membuat keseharian dan proses belajar mereka menjadi lebih menyenangkan. Terima kasih sudah berkunjung ke Pelangi Nada :)

***


“Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes“Ngeblog di Mata Perempuan” yang diselenggarakan oleh EmakBlogger”
Berbagi Lagu Anak melalui Blog Reviewed by Mira Julia on 6:52 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.