Top Ad unit 728 × 90

random

Majalah Ayah Bunda: Ibu Mencipta Lagu

Mira Julia (33) seorang ibu yang memilih beraktivitas di rumah, iseng-iseng mengunggah lagu-lagu hasil karyanya lewat laman www.rumahinspirasi.com. Laman itu semula ia tujuakn untuk berbagi pengalamannya tentang homeschooling dan cerita tumbuh kembang anak-anaknya. Namun kemudian ia menambahkan lagu-lagu ciptaannya, yang dipersembahkan untuk ketiga buah hatinya, Yudhistira (10), Tata (7), dan Duta (3), yang mendapatkan pendidikan melalui homeschooling.

Tak disangka, respon pengguna internet begitu besar. Hanya dalamn waktu sebulan sejak lagu-lagu Mira diunggah, lebih dari 10.000 orang mengunduh dan mendengarkan langsung lagu-lagu tersebut. Akibatnya laman itu sering mati karena sudah melampaui kuota pemakaian. Dari situ, Mira memiliki gagasan menempatkan lagu-lagunya ke dalam ‘rumah’ baru, www.pelanginada.com, yang selanjutnya ia dedikasikan untuk anak-anak Indonesia. Siapapun bisa mengunduh gratis lagu-lagu ramah anak ciptaannya di laman itu.


Perempuan yang sempat mengeyam pendidikan Arsitektur iini, sejak kecil hobi bernyanyi dan bermain musik. Bahkan ia senang menghafal sesuatu menggunakan musik. “Tanpa sadar, lirik-liriknya masuk ke alam bawah sadar, yang saya ingat sampai sekarang,” ujar Mira. Bakatnya mencipta lagu sejalan dengan kemampuannya memainkan alat musik, seperti gitar dan piano.

Lirik lagu ciptaan Mira banyak mengandung pengajaran, misalnya lagu “Berhitung”, “Sikat Gigi”, dan “Ayo Kita Mandi”. Menurut Mira, lagu-lagu ciptaannya tidak selalu lagu khusus anak, tetapi lebih kepada lagu yang ramah anak. Seringkali inspirasi Mira datang dari pengalamannya sebagai ibu dan ide dari teman-temannya.

“Biasanya lagu muncul ketika saya ingin mengajarkan sesuatu pada anak. Misalnya, lagu “Arah Mata Angin”, muncul ketika saya ingin mengajarkan arah kepada mereka,” tutur Mira.

Inilah lirik lagu Arah Mata Angin ciptaannya:

Siapakah yang tahu apa yang dimaksud arah mata angin?/ Ayo sama-sama kita cari tahu arah mata angin./ Utara-Timur Laut-Timur, Tenggara- Selatan-Barat Daya-Barat-Barat Laut lalu kembali ke Utara.

Mira berharap, karya-karyanya bermanfaat bagi orangtua dan guru-guru yang ingin mengajarkan anak-anaknya tentang segala hal. Melalui lagu, belajar pun jadi menyenangkan dan anak bisa menyerap informasi lebih banyak.


(Oleh: Sheika L. Sholihat, Majalah Ayah Bunda No 4, 20 Feb – 04 Mar 2012).
Majalah Ayah Bunda: Ibu Mencipta Lagu Reviewed by Mira Julia on 6:59 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.