Top Ad unit 728 × 90

random

Pelangi Nada: Realita Musik Anak Indonesia Baru

Realita musik anak Indonesia tidak terlalu menggembirakan, itulah jeritan hampir semua keluarga dan anggota masyarakat. Minimnya lagu yang dikhususkan untuk anak-anak, tiadanya acara TV yang memuat lagu anak menjadi cermin buruknya realita musik anak Indonesia. Apalagi kalau ditambah dengan bombardir acara musik yang sangat melimpah, tetapi semuanya dengan tema cinta dan tema-tema dewasa lainnya. 

***

Tantangan Mencipta Realita Musik Anak Indonesia Baru

Pelangi Nada Realita Musik Anak Indonesia BaruAdakah yang bisa kita lakukan untuk mengubah realita musik anak Indonesia ini? Tentu saja ada dan banyak. Kita membutuhkan realita musik anak Indonesia yang baru. Untuk itu, dibutuhkan banyak kerja keras, bukan dengan sekedar  menuntut pihak-pihak lain untuk bekerja, tetapi melalui karya-karya nyata kita yang peduli dengan realita musik anak Indonesia.

Bagaimana membuat lagu-lagu yang memang disukai anak-anak, bagaimana mengemas lagu anak menjadi tontona dan acara yang diminati masyarakat; itulah sebagian tantangan nyata di depan mata untuk mengubah realita musik anak Indonesia yang tidak kita sukai saat ini.

Untuk membangun realita musik anak Indonesia yang baru, kita harus terus bergerak maju. Tak cukup hanya bernostalgia dengan lagu-lagu anak masa lalu. Sebagai sebuah apresiasi dan jembatan menuju realita musik anak Indonesia yang baru, kita memang bisa mengemas ulang lagu-lagu anak di masa lalu. Tetapi, kita juga butuh nafas baru dan lagu-lagu baru yang menggambarkan nafas zaman tempat anak-anak kita hidup saat ini. Sebab, setiap zaman niscaya memiliki nafas dan semangat khas yang melekat padanya.

Bukan hanya mencipta, kita juga butuh berbagai inisiatif dan sinergi untuk mendorong lahirnya realita musik anak Indonesia yang baru. Salah satu yang terpuji adalah seperti pembuatan film anak “Ambilkan Bulan” oleh Mizan Production yang sekaligus dijadikan momentum untuk mendorong kelahiran realita musik anak Indonesia yang baru.

***

Pelangi Nada: dari Rumah untuk Indonesia

Realita Musik Anak Indonesia BaruAku sendiri hanya ibu rumah tangga.Tapi aku juga ingin ikut berkontribusi untuk kelahiran realita musik anak Indonesia yang lebih baik dari yang ada pada saat ini.

Aku senang menyanyi dan membuat lagu anak. Aku suka menggunakan lagu sebagai bagian dari kegiatan anak-anakku, baik untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk proses belajar mereka. Maka, melalui lagu-lagu anak yang aku buat ini, aku ingin ikut berkontribusi membangun realita musik anak Indonesia yang baru.

Cara yang aku lakukan sederhana, dengan segala keterbatasanku sebagai ibu yang berkarya dari rumah. Aku membuat lagu-lagu anak dan merekamnya di laptop, kemudian lagu-lagu anak itu aku unggah ke situs Pelangi Nada. Lagu-lagu anak yang aku buat itu bisa diunduh gratis oleh keluarga Indonesia di manapun berada dan kemudian digunakan, baik di rumah maupun di sekolah. (Cerita tentang proses kelahiran Pelangi Nada bisa dibaca di “Pelangi Nada: Behind the Scene“)

Bagi yang kesulitan mengunduh lagu anak di Pelangi Nada, bisa memesan CD Pelangi Nada yang dikirim ke rumah. Selain memberikan fleksibilitas, keberadaan CD Pelangi Nada juga berfungsi untuk menjaga kelangsungan Pelangi Nada karena menjadi penopang biaya sewa hosting dan operasional Pelangi Nada.

Sampai saat ini sudah ada 60 lagu anak karyaku yang ada di Pelangi Nada dan bisa diunduh. Temanya beragam, mulai belajar membaca, belajar berhitung, keseharian, pendidikan karakter dan sebagainya.
***

Semoga, kehadiran Pelangi Nada bisa berkontribusi untuk menghadirkan realita musik anak Indonesia yang baru dan bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Semoga inisiatif kecil ini bisa menginspirasi siapapun untuk ikut berkarya.











Pelangi Nada: Realita Musik Anak Indonesia Baru Reviewed by Mira Julia on 7:07 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.