Top Ad unit 728 × 90

random

Migrasi Pelangi Nada 2015

Akhirnyaaa selesai juga migrasi web PelangiNada dari wordpress ke blogspot. Lho kok migrasi? Kenapa? Kok ke Blogspot?
  1. Karena Blogspot sekarang tampilannya bisa diutak-atik cantik nggak terlihat seperti blog biasa. Mungkin kalau saya tidak buka rahasia, tidak semua pengunjung PelangiNada akan sadar kalau web Pelangi Nada saat ini dibuat dengan platform Blogspot/Blogger. 
  2. Karena Blogspot tidak perlu update. Waktu masih pakai selfhosted WP dulu, setiap ada versi baru pasti aku deg-degan. Karena update wordpress seringkali terkait dengan plugin dan script lain yang aku pakai. Bersyukur kalau developer pluginnya masih update terus, bagaimana kalau tidak? Yang ada situs kita bisa jadi error. Dan untuk mencegahnya yaaa terpaksa ganti plugin lain yang terus update. Dan itu kadang mengesalkan terutama kalau isi blognya sudah banyak.
  3. Karena Blogspot hostingnya GRATIS di Google, jadi selain powerful bisa menampung kunjungan sebesar apapun (sebuah hal yang menjadi concern aku dan mas Aar suamiku di awal kami membuat web PelangiNada) juga tidak perlu berfikir kalau sudah datang waktunya untuk bayar hosting atau upgrade server karena pertumbuhan kunjungan.
Selain platform web gratis, kami juga memanfaatkan Youtube untuk mengunggah video PelangiNada &  GoogleDrive dalam menyimpan semua lagu yang bisa diunduh. Untuk playernya kami menggunakan 2 situs: Reverbnation & AudioBoom. Dua-duanya gratis dan memiliki bentuk player yang cantik. 

Kok baru sekarang memanfaatkan platform gratis? Selain karena teknologinya yang terus berkembang & memudahkan, juga ada faktor kemampuan pribadiku yang baru sampai sekarang. 

Terus terang 3-4 tahun yang lalu nggak kebayang akan serius mendalami Blogspot. Maklum, awal membuat web kan dari zaman FrontPage, lalu Joomla, kemudian belajar Wordpress. Waktu itu rasanya Blogspot tidak terlalu menarik untuk diutak-atik. Baru di tahun 2013 ketika aku membuat DigitalMommie, sekolah online untuk belajar bikin blog cantik berbasis Blogspot aku menyadari betapa powerfulnya blogspot ini. Hanya saja karena waktu itu web PelangiNada baik-baik saja jadi aku juga tidak terbayang untuk memindahkannya ke Blogspot.

Di tahun 2014 ketika Wordpress mulai upgrade ke versi 4, situs PelangiNada mulai mengalami sedikit error di sana, error di sini. Banyaknya error ini juga menjadi salah satu alasan aku tidak semangat untuk menambah lagu baru di PelangiNada.

Kenyataan inilah yang memicu keinginan untuk migrasi ke blogspot. Sayangnya sulit mencari waktu yang lapang karena migrasi beda platform dengan konten yang lumayan banyak membutuhkan waktu lumayan lama terutama di titik detil. 

Di awal Maret 2015 web PelangiNada semakin tambah banyak pesan errornya. Akhirnya sempat tidak sempat, aku harus menyempatkan diri untuk migrasi. Dan puji Tuhan hari ini selesai semua prosesnya. Ibarat orang pindah rumah, sudah cukup nyaman untuk ditinggali. 

Semoga kenyamanan rumah baru ini tak hanya menambah semangatku untuk kembali mengisi PelangiNada dengan lagu-lagu anak, tapi juga menambah kenyamanan & kemudahan teman-teman semua yang membutuhkan lagu-lagu untuk anaknya.

Dan sebagai kenang-kenangan, berikut tampilan web PelangiNada yang lama. Bagaimana pun, web ini sudah menjadi sejarah manis dalam perjalanan Pelangi Nada. 

Tampilan Pelangi Nada Lama

Migrasi Pelangi Nada 2015 Reviewed by Mira Julia on 7:38 AM Rating: 5

No comments:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.