Top Ad unit 728 × 90

random

Pendidikan Karakter dengan Lagu

Salah satu metode efektif dalam pendidikan karakter selain melalui keteladanan adalah melalui pengalaman yang melibatkan hati dan perasaan anak. Secara praktis, hal itu dapat dilakukan melalui kegiatan di lapangan, membaca/mendengarkan cerita, menonton film dan juga mendengarkan/menyanyikan lagu.

Image by MyCuteGraphic
Mengapa lagu bisa digunakan sebagai sarana untuk pendidikan karakter?

Bernyanyi dan mendengarkan lagu melibatkan pengalaman yang menyentuh diri seseorang. Ada perasaan yang terlibat, ada suasana hati yang terbentuk, adan khayalan yang terstimulus, ada pengalaman ruhani yang tercipta.

Oleh karena itu, penting untuk menghadirkan lagu-lagu yang sesuai untuk anak-anak, yang dapat menghadirkan pengalaman yang membangun karakter baik pada anak-anak.

Berikut ini contoh beberapa lagu di Pelangi Nada yang dapat digunakan dalam proses pendidikan karakter untuk anak-anak:

Pantang Menyerah
Lagu anak “Pantang Menyerah” memberikan semangat dan mengajarkan anak-anak untuk tidak mudah putus asa. Lagu ini dinyanyikan berpasangan, ada versi orangtua dan versi anak.

Kembalikan
Lagu anak “Kembalikan” mendidik anak untuk merapikan mainan dan mengembalikannya ke tempat semula sesudah bermain. Lagu ini dapat digunakan orangtua agar tak perlu marah-marah saat mengingatkan anak.

Suatu Hari Aku Bisa 
Berprestasi adalah sebuah hal yang baik, tetapi tuntutan berprestasi tak semestinya membuat anak trauma dan kehilangan gairah untuk belajar dan berbuat. Lagu ini adalah pengingat untuk orangtua sekaligus pembangun prestasi pada anak agar tetap semangat usai sebuah kegagalan.

Aku Anak Mandiri
Lagu yang dinyanyikan anak sebagai janji dan peneguhan diri sebagai anak yang sudah besar dan mandiri, yang bisa melakukan banyak hal tanpa ketergantungan kepada orang lain.

Ayah Ibu Ku Cinta Padamu
Lagu cinta dari anak untuk kedua orangtuanya, baik ayah maupun ibu yang telah membesarkannya.

Belajar di Mana Saja
Belajar tak hanya di sekolah, tentang mata pelajaran, dan pada jam-jam tertentu saja. Belajar bisa tentang apa saja, di mana saja, bersama siapa saja.

Lentera
Lagu pendek sebagai pernyataan doa dan cita-cita anak untuk menjadi lentera yang indah, bukan hanya untuk ayah dan bundanya, tetapi juga menjadi lentera yang indah bercahaya sebagai penerang untuk sesama.

Jangan Ragu
Lagu penyemangat kepada anak untuk segera keluar, berbuat dan menyongsong harapan. Juga, bila sampai terjatuh, tak putus asa untuk segera bangkit berdiri dan berjuang lagi.

Tempat Sampah
Lagu ini mendidik anak untuk peduli lingkingan dengan cara memperhatikan sampah di sekelilingnya, belajar mengenali dan memilah sampah organik dan anorganik.


Pendidikan Karakter dengan Lagu Reviewed by Mira Julia on 1:04 AM Rating: 5

1 comment:

Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.