Top Ad unit 728 × 90

random

About

Hai,
Namaku Mira Julia, biasa dipanggil Lala. Aku membuat Pelangi Nada ini untuk berbagi lagu-lagu anak, lagu daerah, dan lagu nasional yang bisa diunduh GRATIS.

Ada sekitar 50 lagu anak original karyaku (Lagu Mira Julia) yang bisa didengarkan dan diunduh. Selain itu, ada lagu-lagu karya para sahabat yang berkontribusi ke Pelangi Nada. Juga, ada lagu anak-anak klasik, lagu daerah, dan lagu nasional.

Seiring dengan waktu, aku ingin terus menambahkan lagu-lagu yang ada

***

Lagu Anak untuk Indonesia

Aku menyukai lagu, dunia anak, dan teknologi. Tiga hal itulah yang menjadi benang merah kegiatan dan karya-karyaku. Pelangi Nada merupakan karyaku yang menyatukan tiga dunia tersebut (lagu, anak, teknologi).

Pada saat membuat Pelangi Nada tahun 2011 yang lalu, aku tidak mengira perjalanannya akan sejauh ini. Pada saat itu aku mengawalinya dengan mengunggah lagu-lagu anak aneka yang aku buat. Ada lebih dari 50 lagu anak yang aku unggah. Semua melodinya buatanku, sebagian liriknya adalah kontribusi dari teman-temanku.

Kemudian, beberapa teman ikut berkontribusi mengirimkan lagu anak ciptaan mereka. Semuanya mengirimkan lagu anak untuk dibagi dan bisa diunduh oleh siapapun.

Ternyata responnya menggembirakan. Beberapa orangtua yang mengunduh menyatakan apresiasinya, bukan hanya karena anak-anak menyukainya tapi lagu-lagu itu bisa menjadi sarana belajar anak-anak.

Dan yang mengejutkan, selama sekitar 3,5 tahun, lagu-lagu itu sudah diunduh lebih dari seratus ribu kali. Itu berarti, masyarakat memang membutuhkan lagu-lagu anak di tengah gencarnya serbuan lagu-lagu dengan lirik dewasa yang tak sesuai dengan dunia anak.


***

Lagu Anak, Lagu Daerah, Lagu Nasional

Di awal tahun 2015, aku dan mas Aar (suamiku) berdiskusi tentang pengembangan Pelangi Nada. Untuk menjadikan Pelangi Nada semakin bermanfaat, kami memutuskan untuk menambah materinya dengan lagu-lagu anak populer yang sering dinyanyikan di sekolah-sekolah, lagu-lagu daerah, serta lagu nasional. Apalagi ada Wahyu Andito, adikku, yang jago main gitar. Mudah-mudahan langkah ini bisa membuat Pelangi Nada semakin bermanfaat.

Untuk mendukung inisiatif tahun 2015, kami melakukan beberapa langkah:
  • melakukan migrasi dari self-hosted Wordpress ke Blogspot
  • menyimpan lagu-lagu Pelangi Nada di Google Drive
  • melengkapi video-video Pelangi Nada di Youtube
  • melakukan rekaman baru lagu-lagu anak, lagu daerah, dan lagu nasional
  • membangun mekanisme untuk berbagi dan menjadi gerakan agar semakin banyak manfaat yang bisa diterima manfaat.
*** 

Personal Dream

Tentang lagu anak-anak ini, aku punya mimpi pribadi, my personal dream. Aku bermimpi, lagu-lagu ini bisa dinikmati oleh anak-anak Indonesia di berbagai penjuru negeri. Aku bermimpi, diantara serbuan lagu-lagu berlirik dewasa dan acara-acara komersial, lagu-lagu yang ramah dengan perkembangan anak tetap mendapatkan ruang yang cukup luas di masyarakat.

Siapa yang mau terlibat dalam gerakan "Berbagi Lagu Anak Indonesia" ke masyarakat?

Ada nggak ya perusahaan atau brand yang mau mendistribusikan lagu-lagu anak anak ini sebagai bagian dari produknya sehingga lagu-lagu ini semakin banyak dinikmati anak-anak Indonesia?

***

Kisah dibalik layar dari pembuatan situs ini bisa dilihat di blog pribadiku:




About Reviewed by Mira Julia on 8:27 AM Rating: 5
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.